Sabtu, 25 Januari 2014

kontes

                  
                   TIGER REVO '09 PURBALINGGA : SARAT TREND FUNKY NICH!

Jangan ragu dengan warna putih di besutan sport batangan. Tengok sepintas kerennya gaya funky Ibnu Dinar yang asli Kaligondang Purbalingga ini. “Sudah hobi modif, tentu pengin yang beda dan tampil cantik,” alasan cowok yang ngerjain modifnya bareng Kebo Turon Speed ini.
Paling keren dari wajah bodi plastiknya yang dilabur RIFF dari Semarang dengan warna putih. “Dengan warna putih, lekuk Tiger Revo bakal mudah dinikmati,” bilangnya.

Sebelum proses totalitas warna ini, lampu asimetris depan ditutup dengan model sirip dan mengganti sepatbor depan. lalu seluruh bodi dilapis warna putih sampai tipe kulit jeruk sekalipun. Selanjutnya ditambahkan motif grafis dengan efek hologram yang membuat warna bersih ini tidak nampak monoton.

Menyesuaikan dengan wajahnya yang bersih, tongkrongan diubah ceper style. Suspensi depan cukup direndahkan dari posisi standar, sedang belakang dibuat superstroke dengan mengganti lengan ayun belakang yang sudah dibuat berlubang-lubang bak produk Supertrack.

Posisi tromol yang maju ini membikin suspensi monosok tidak mungkin diaplikasi, hasilnya masih dipasang dobel sok yang diwakili produk YSS Big damper. Makin sip seluruh bawahan ini diorder ke bengkel krom Cemerlang di kota Semarang, yang membuatnya silau bak kaca. | neo/tito       

SPEK MODIFY
CAKRAM : PSM, KALIPER : Kitaco 6 piston, TROMOL : Trusty, SOK BLK : YSS Big Damper, PELEK : Rosi 300x17& Sprint350x17, BAN : Swallow 50/90x17&60/80x17, CDI : rextor, KOPLING : Hidrolis, OIL COOLER : Custom, KNALPOT : Krom, STABILISER : Kitaco, FILTER : TDR, TACHO : Type-R, CAT : Blinken, BRUSHER : RIFF Semarang Jl. Kedung Mundu, KROM: Cemerlang Semarang, MODIFIKATOR: Kebo Turon Speed Purbalingga

HONDA SUPRA X '01 PANDAAN : KEROPPI DRAGSTER



Kerap tampil terlalu ekstrim atas ide di luar batasnya, akhirnya Orip Narianto sukses melenggang mulus bareng sosok drag  kebanggaannya. "Iya nih, kerap aku tampilkan full inovatif, eh ternyata di arena otokontes malah tumbang sia-sia gara-gara settingan kaki-kaki non konvensionalnya," kekeh warga Pandaan ini.

Kini, dengan hati-hati dan penuh perhitungan matang, jagoan Supra X drag-nya ditampilkan lebih masuk akal bareng gerai racing berplakat M.B.X Puskesmotnya.

Terutama kaki-kaki yang sebelumnya ditayangkan inovatif berkonstruksi cakram dalam pelek, kini digubah lebih low bareng konstruksi BIB total handmade. "Pake tromol custom besi yang kubikin bertiga pilar plat U, sekaligus jadi penggaet disc brake juga pengait jerujinya," tunjuk Orip memasang pelek almu U-Shape berpilar 18 piece spoke.

Lanjut ke bodi, tampang trondol didongkrak bareng aplikasi set tameng dada Scoopy yang diimbuhi secuil tail body GP style custom made berbasis fiber. "Dukung tongkrongan pipa belulang rangka, di permukaannya sengaja aku coak-coak total pake teknik coakan las yang kurapikan pake mata bor tune," lugasnya menutup aksi bareng pembalutan total body grafis stabillo bertemakan Keroppi racing.  | tito/dny

SPEK MODIF
MASTER/SOK BLK/STABILIZER : Ride It, PELEK : TDR, BAN : Blackstone, CDI : BRT, OIL COOLER : Koso, KNALPOT : Creampy, FOOT REST : Arachid, STANG : DBS, GAS SPONTAN : Yoshimura, GAUGE METER : Koso, KROM : AB Krom, Bangil, MODIFIKATOR : M.B.X Puskesmot, Kalitengah Baru, Pandaan

SUPRA FIT NEW ’05 SOLO : SILVER BULLET WITH BUELL DISC



Tidak mudah dan tidak banyak modif lover yang menjahili varian yang satu ini dengan tampilan maksimal. Honda Supra Fit New memang cenderung susah dari desain bentuknya yang elegan ketimbang spoty. Di mata Mochamad Ibnu asal Solo ini malah dibalik pandangan ini.
Tetap berpatok di aliran funky bike murni yang masih mempertahankan wajah asli motornya, ubahan di bagian ini hanya membikin lampu depan sipit gaya jap dengan bantuan bahan fiberglass. Selebihnya urusan tampilan ditangani Yoes paint yang mengairbrush seluruh bodi plastiknya dengan tema grafity art.

Sentuhan warnanya unik dan jauh beda dari funky kebanyakan, motif grafiti yang diselingi dengan warna saling tindih ini membuatnya beda dilapisan cat dari Danagloss ini.

Sisi bawah sudah sempurna dengan mengadopsi maksimal kaki-kaki helaflush dari pelek Chemco ukuran depan 250 sedang belakang 350 yang biasanya diperuntukkan buat motor laki ini. Ubahan paling serius saat memasang piringan Buel lebar dua disisi depan dan satu dibelakang ini.

Ughed-Ughed Custom jadi ahlinya dengan menambahkan dudukan baru di setiap titik baut piringan cakram tadi, dipasang dudukan dari besi diral 1cm yang diperhitungkan cermat agar piringan tepat disetiap sisi. Maklum saja beda satu mili saja piringan ini bakal membikin pengereman seret, ujung-ujungnya bakal mengurangi kenyamanan saat dipakai harian. So mesti cermat tuh! | neo/tito  

SPEK MODIFY
SOK DPN: Combiz, CAKRAM: Dobel Buell, KALIPER: Brembo, SWINGARM: Supertrack, MONOSOK: YSS, PELEK: Chemco 250x17&350x17, BAN: Swallow 200&215x17, OIL COOLER: Cool, KNALPOT: Custom, FOOTSTEP: AB Revo, STABILISER: Ride-It Custom, FILTER: Koso, SPION: Yoshimura, TACHO: Type-R, CAT: Danagloss, BRUSHER: Yoes Paint Solo, MODIFIKATOR: Ughed-ughed Custom & Modified Solo

HONDA BEAT '10 MAGETAN : DISETING STREET RACING


Sudah jadi trend menarik, kala matic macam Honda Beat diplot sebagai street racer. Dolanan khas modilover nusantara yang lagi booming saat ini. Kesan balap, terpancar dari modifnya yang berbau racing. Sementara, performa harian yang safety riding, ditunjukkan dari segala kelengkapan berkendara yang masih ada. So pasti, konsep street racing coba ditelaah Yoga, yang didukung bengkel 96 Custompaint asal Magetan  untuk berkreasi.
Modal Honda Beat 2010 bolak-balik diseting gaya street racing. Maklum, motor ini diturunkan pula di ajang kontes. Kali terakhir, adonan luar yang difokuskan pada aplikasi warna hijau tosca, oplosan cat terbaik dengan kombinasi warna oranye di rangka dan undercarriage. Agar tak monoton, sebagian bodi ikut dicustom bolong, plus tambahan aksen grafis.
Performa kaki-kaki, diset serba ceking, dari gabungan pelek TDR dan ban Swallow 50/90. Tak lupa, sistem suspensi ringan dari variasi custom berikut sok belakangnya.
Tambahan variasi, diwujudkan ke banyak sektor, terutama engine, disc brake hingga kelengkapan handling. | punk

SPEK MODIF
SOK DPN ; Custom dibubut, CAKRAM DPN : Twobrother, MASTER & KALIPER : PN Racing, TROMOL : Trusty, PELEK DPN & BLK : TDR 140-160, BAN DPN & BLK : Swallow 50/90-17, STABILIZER : Scarlet, FILTER UDARA : Koso, GAS SPONTAN : KTC, TROMPET : KRS, KNALPOT : R9, EPOXY / CAT / CLEAR : Nippe / Spieshecker / Sikkens, MODIFIKATOR / BRUSHER : RJM 96 Custom Paint - Magetan 0857-3660-1620, BIAYA MODIF : Rp 10 jutaan, LAMA MODIF : 2 bulan.


SUPRA RACING LOOK

Bertahan dengan pakaian plastik bawaan pabrik dipastikan kurang greget ketika memilih tampilan racing-look  konsep pacuan dragbike. Akan lebih sporty jika mencomot cover-body kudabesi lain yang memang sesuai.
Modifikator Sugianto, gaul dipanggil Sugi asal bengkel Giants Motor memutuskan untuk menggabungkan bodi milik Honda Beat dan Revo pada Supra racing-look ini. “Bagian depan pakai milik Beat, sedang buritan kepunyaan Revo biar dapat kesan lancip khas racing style,“ terang Sugi asal Adipala, Cilacap yang juga menghadirkan nuansa airbrush dengan sentuhan grafis.

Terlihat menarik sekaligus kreatif saat bodi depan dicustom. Jadi perangkat lampu dicopot kemudian ruang kosong lampu tersebut diisi untaian tali. Selanjutnya untuk mengimbangi kesan gahar, sengaja spatbor depan tidak terpasang, juga adanya penggunaan ban slick yang identik dengan kudapacu balap karapan.

“Ide ini memang kental dengan tampilan kreto drag,“ timpal Atho sebagai pemilik yang tinggal di Jl. Jambu Rt.07 Rw. 07 Adipala Cilacap. Buat belakang yang mengadopsi cover bodi Revo juga tidak serta-merta terpasang dalam kondisi standar.

Terlihat pada bagian tangki dengan tujuan untuk menonjolkan tempat bahan bakar yang dibuat dari fiber. Untuk sisi tengah didesain melompong sengaja menonjolkan sasis downtube.

Tidak ketinggalan, part-part racing yang memang menajamkan citra motor balap ikut terpasang. Misal gas spontan, karburator, CDI dan knalpot free-flow. | ogy

SPEK MODIF
SOK DEPAN : Combis, SOK BELAKANG : Yoshimura, SWINGARM : Super Track, BAN : Swallow Slick 50/90, PELEK : Conrod, KALIPER DEPAN : Brembo, DISC DEPAN : Ride It, HANDLE : Ride It, GAS SPONTAN : Daytona, CDI : BRT, KARBURATOR : RX King, KNALPOT : HRP (Hendriansyah Racing Product), MODIFIKATOR : Sugianto, BENGKEL : Giants Motor, Jl. Imam Ghozali 47 Karang Sari, Adipala, Cilacap
MIO SOUL '07 BATU : CROCODILE FINO BERJANTUNG MIO



Pengen gebrak dunia street racing modify, Zulkifli Lubis dari OX2 Batu merilis maskot segar. Bersosok Fino yang terbilang masih cukup langka dijadikan basis modif aliran ini, ternyata di balik body modern retronya tersimpan jantung Mio Soul.

"Emang pengen tampil beda, sekaligus dongkrak pamor Mio Soulku yang udah meredup bareng gaya street racing lawasnya," ungkap lajang ganteng ini.

Awali proyek berbudget Rp.12 juta ini, kaki-kaki doi refresh lewat pelek almu berbibir bolong lengkap pilar jeruji plintir.  "Aku sengaja memilih warna gold anodize untuk nantinya aku kombinasi dengan warna body segar," ujar pemasang tromol set almu Gajah Putih ini.

Tak cukup puas, perangkat peredam jalan keritingnya ikutan dipermak bareng bottom en monosok tabung Gajah Putih yang juga bernuansa gold anodize.

Lanjutkan aksi, Kipli pun lantas menyambangi diler Yamaha menebus full set body Fino seharga 2 jutaan berikut stang dan speedonya. "Pemasangan ke rangka Soul tak susah, cukup membuat beberapa braket body anyar aja," bisiknya. Sesuai pakem street racing, beberapa bagiannya langsung dicoak dan pangkas, termasuk juga di dalamnya mengepras tipis jok serta menekuk stangnya dengan bantuan bara api las asetelin.

Penutup aksi, pewarnaan segar dirilisnya dengan mengkombo warna body hijau tosca versus lemon yellow di tulang rangkanya. Tak lupa juga, doi pasang stiker bergambar buaya racing en tulisan OX2. Menyempurnakannya, ragam asesso racing ikut ditabur, dari knalpot fre flow, stabilizer stang serta yang paling hot adalah kover CVT berlabel Top Secretnya. | tito/adt

SPEK MODIF :
FORK : Driv, MASTER-KALIPER : Brembo, TROMOL : PKM & Top Secret, MONOSOK : Gazi, PELEK : Driv, BAN : Swallow, PISTON : Tiger, KARBU : Koso, CDI : Rextor, OIL COOLER : Koso, KNALPOT : DBS, FOOT REST : Combiz, STABILIZER : Driv, GAS SPONTAN : Yoshimura, KROM : Sinar Hidup, Karanglo-Malang, MODIFIKATOR : OX2, Perum Puri Indah-Batu by Kipli


Punya obsesi tinggi untuk eksis di ajang modif di bumi Borneo, Edo pasang kuda-kuda menjahili Suzi Satria FU anyarnya. "Biar masa mudaku sedikit bisa lebih punya arti dengan kejar prestasi di dunia modif," lugas lajang asal kota minyak Balikpapan ini.

Dapat restu seratus persen dari belahan jiwa Olief, obsesinya langsung ditumpahkan dengan merujuk dua gerai modif papan atas Balikpapan yakni Bulus Modified dan Samsul Birbig Studio. "Pengen angkat tema racing style yang emang udah mendarah daging di diriku," harapnya.

Aktualisasinya dilakoni awal oleh tim kreatif Bulus Modified yang digawangi Ipoel dan Bolonk. Konsentrasi awal difokuskan di sektor kaki-kaki yang kali ini disetting rada ekstrim berkomposisi spoky bareng pancangan 24 piece jeruji berkonstruksi style palang. "Paling keren nampak di lingkar belakang yang digawangi ciet style BIB," bangga Edo.

Lanjut lagi, body work wajib trondol menyisakan kedok lampu dan penggalan tail body aja dengan imbuhan bilah papan jok akrilik. Otomatis rangka kontan nongol dan dipolah sangar dengan coakan di sekujur batang pipanya bareng proses freis untuk mendapat hasil yang presisi dan rapi.

Akhiri aksi, finishing jadi senjata pamungkas agar penampakannya makin tampil perfect. Samsul Birbiglah kunci jitunya. Master airbrush Balikpapan asli Malang ini langsung memainkan tangan saktinya untuk mengolah grafis-grafis tajam dan dinamis bermodal kombinasi warna-warna stabillo.

"Bangga abis nih, maskot kontes perdanaku ini akhirnya berbuah podium juara di ajang otokontes nasional bareng Otre beberapa waktu lalu," bangga Edo. | ipoel 

SPEK MODIF
PELEK : DBS Arrow, BAN : Swallow, STANG & FOOT REST : Nui Racing, MASTEr : KTC, DISC : KTC, KALIPER : Ride It, TACHO : MOG, GAS SPONTAN : KTC, CDI : BRT, SLANG REM : Earls, KNALPOT : R-9, MODIFIKATOR : Bulus Modified, Jl. Amd Sungai Ampal, Balikpapan Kaltim (082158054618) & Samsul Birbig Studio, Jl.Amd Sungai Ampal

Yamaha Jupiter Z 08 Pandaan: DESAIN PENATA RAMBUT

Awalnya Handaro lebih mengacu pada konsep modifikasi daily use. Namun trend racing look yang booming di kalangan hypercrea kota Pandaan membuat dirinya mengikuti arus trend modifikasi itu. ”Ini juga berkat paduan Otre,” jelas pria yang berprofesi sebagai karyawan salon ini.
Bodi dijamah modifikasi dengan sentuhan konvensional yang digabungkan dengan konsep motor kontes mulai nampak dimana bodi digrafis merah dan hijau metalik dengan gradasi warna hitam.

”Untuk cat kuaplikasi Pentagloss dengan tambahan beberapa cat oplosan lain sedangkan clearnya kupake pernis Blinken,” ujar Rizky sang kreator. Sentuhan racing elegan mulai dimunculkan yang mana permainan efek krom digabungkan dengan warna cat.

”Bagian tangki, kalter mesin, tromol depan belakang kulapisi krom sedang beberapa bagiannya kusentuh cat,” lanjut pemilik padepokan MBX Puskesmot Pandaan. Tak mau kalah dengan depan maka bagian belakang dikreatifi dengan jalan lengan ayun merujuk Yamaro yang ditopang sok belakang Ride It.

”Ini baru konsepnya sesuai dengan tatanan rambut yang kucita-citakan,” bisik Handaro yang terpaksa puasa nyemplak motor selama sebulan. | cand

SPEK MODIF
SOK DPN : LHK, SWING ARM : Yamaro, PELEK : TDR, BAN : Swallow, CAT : Pentagloss, PERNIS : Blinken, GAS SPONTAN : Daytona, KROM : AB Krom Bangil, MODIFIKATOR : MBX Puskesmot, Kalitengah Baru Pandaan

JUPITER MX 135 ’06 JOGJAKARTA: DIBANGUN MISI KONTES

Kompetisi kontes modifikasi menjadi pijakan M Thoyib berKTP Sapon Sidorejo Lendah Kulonprogo Jogjakarta ketika memutuskan untuk membangun modifikasi pada MX 135 kesayangan hati. Diplot bergaya racing-look berkolaborasi dengan padepokan Pariwisata Crew.
Pariwisata Crew, bengkel modifikasi yang produktif menghasilkan karya modif berada di sebelah barat kota Jogjakarta, tepatnya wilayah Kulonprogo. Aura airbrush terlihat ditonjolkan builder karena menyentuh juga area kaki-kaki macam velg, juga kalter dan silinder mesin.

Nuansa grafis didesain padat dengan memainkan banyak warna eye-catching yang tampak harmonis. Tentu saja, kondisi ini memberikan daya tarik tersendiri bagi yang melototin.

Makin memiliki nilai lebih, karena sebelumnya bodi depan dicustom, fairing samping dilepas dan beberapa bagian sengaja dibolongin seperti ciri kreto dragbike. “Pengerjaan airbrush ini saya garap sendiri,“ bangga Kosel, punggawa Pariwisata Crew.

Selanjutnya, modifikator Kosel terlihat memainkan detail-detail variasi yang berupaya mempertajam image racing-look. Tidak perlu disebut satu-persatu karena terlalu banyak. Intinya semakin terlihat tampang motor balap yang tampil fashion. | ogy

SPEK MODIF
SOK DEPAN : Custom, SOK BELAKANG : YSS, BAN DEPAN : Swallow 60/80-17, BAN BELAKANG : Swallow 70/80-17, VELG : DBS, DISC DEPAN : TDR, SPEEDOMETER : Satria FU, STABILISER : Yoshimura, FOOTSTEP : AHRS, STABILISER AKI : XCS, HANDLE : Ride It, HANDSPAT : TDR, KARBURATOR : Koso 28, FILTER UDARA : Koso, CDI : BRT (Bintang Racing Team), KNALPOT : Cream Pie Jogjakarta, MODIFIKATOR : Poriwisata Crew, Kulonprogo, Jogjakarta

3 komentar:

  1. Maaf bos mo tanya?itu cara ganti ruang kosong d bagian lampu d tameng beat dg apa yaa??trus caranya gimana??maaf bos

    BalasHapus